Ananta Sebut “Tiktok Challenge Bulan Bung Karno” untuk Membumikan Pancasila di Banten

10/07/2023 12:34
banner-single

Liputan45 Com TANGERANG — Bakal calon (Bacalon) anggota DPD RI, Ananta Wahana menyebut bahwa “Tiktok Challenge Bulan Bung Karno” yang digelarnya bertujuan untuk lebih membumikan lagi Pancasila di Banten.

Menurut Ananta, bahwa TikTok Challenge selain untuk memperingati Bulan Bung Karno juga memotivasi generasi muda mencari tahu tentang sejarah Pancasila dan Bung Karno.

Pasalnya, kata Ananta, banyak sejarah penting yang harus disampaikan atau diketahui oleh masyarakat khususnya generasi muda.

Hal itu disampaikan Ananta pada acara penganugerahan pemenang Tiktok Challenge Bulan Bung Karno, bertempat di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu, 9 Juli 2023.

“Saya sengaja mengadakan TikTok Challenge sebab generasi muda hari ini giat di media sosial, salah satunya di t
TikTok,” ungkap Ananta.

Ananta menilai, TikTok Challenge terbukti efektif karena mayoritas peserta merupakan anak muda dengan segala kreatifitasnya menyampaikan pesan-pesan Pancasila dan Bung Karno.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga terus membumikan Pancasila khususnya di Banten ini, dan mencintai penggagasnya, yaitu Bung Karno” imbuhnya.

Direktur Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Abraham Garuda Laksono mengatakan, TikTok Challenge yang digelar sebagai bentuk edukasi sejarah Pancasila dan Bung Karno.

“TikTok Challenge ini kan refleksi sejarah Pancasila dan Bung Karno dengan melibatkan kaum milenial,” ujarnya.

Kegiatan semacam ini, lanjut Abraham, sangat diperlukan agar generasi milenial tidak lupa akan sejarah bangsanya.

Kendati demikian, sambung Abraham, Pancasila yang merupakan Ideologi Indonesia haruslah berorientasi kepada tingkah laku.

Menurut Abraham, Pancasila adalah filosfiche groundslag atau weltanshaung (ideologi). Maka perangkat keyakinan ini haruslah action oriented yang menghasilkan perbuatan.

“Kalau tidak menghasilkan perbuatan, ya, namanya hanyalah angan-angan atau keinginan belaka saja,” jelasnya.

Ananta Sosok Nasionalis Sejati

Sementara itu, Regina pemenang TikTok Challenge yang berhasil meraih juara 2 dengan tema Bung Karno dan Pancasila menyebut bahwa Ananta Wahana sosok nasionalis sejati.

Karena itu, Regina berharap pada Pemilu 2024 nanti, Ananta Wahana bisa terpilih menjadi Anggota DPD RI supaya nilai-nilai Pancasila lebih membumi lagi di wilayah Banten.

“Menurut saya Pak Ananta itu nasionalis sejati. Soalnya, TikTok Challenge yang diadakan seperti keterlibatan generasi mileniel dengan sejarah Pancasila dan Bung Karno,” kata Regina.

Regina mengungkapkan keikutsertaannya bukan karena hadiahnya yang menarik.
Namun, tujuan utamanya dia ingin terlibat dalam peringatan Bulan Bung Karno, yang diaplikasikan ke dalam konten TikTok.

“Perasaannya senang banget sih, soalnya bisa ikut terlibat di Bulan Bung Karno. Dan bersyukur bisa jadi pemenang. Itu bonus” ucapnya.

Sebagai informasi, TikTok Challenge Bulan Bung Karno merupakan perlombaan yang diadakan Ananta Wahana sepanjang Bulan Juni.

Perlombaan itu memiliki dua tema, yaitu Pancasila dan Bung Karno, serta Ananta Harapan Banten.

Adapun hadiah yang diberikan berupa sertifikat, buku, dan uang tunai mulai dari Rp500 ribu untuk juara 3, Rp1 juta juara 2, dan Rp1,5 juta untuk juara 1. ( Dag )

Rekomendasi Anda

BANNER-ATAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

Terkini Lainnya