Danramil 05/Balaraja Mewakili Dandim 0510/Trs, dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata

17/10/2023 14:36
Array
banner-single

 

Liputan 45.Com-Tangerang-Tigaraksa – Danramil 05/Balaraja Kapten Infantri Ali Maskuri S.E., Mewakili Dandim 0510/Trs, Letkol Arh SS Bandjar SH MIP dalam rangka Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 Polres Metro Tangerang kota bertempat Lapangan Apel Polres Metro Tangerang kota Jln Daan Mogot Kelurahan Sukarasa Kecamatan Tangerang Kota Tangerang, Selasa (17/10/2023).

Dalam apel gelar pasukan bertindak selaku Pimpinan Apel Bpk H. Arif R. Wismansyah ( Walikota Tangerang kota) dan bertindak selaku Perwira Apel Kompol Gunawan ( Bagops Polres Metro Tangerang kota)

Hadiri dalam kegiatan Bapak H. Arief R Wismansyah ( Walikota Tangerang kota), Kombes Pol Zain Dwi Nugroho S.H S.I.K M.S.I (Kapolres Metro Tangerang Kota). Kolonel Inf Ali Imran (Dandim 0506/Tgr), Dandim 0510/Trs diwakili Kapten Inf Ali Maskuri S.E (Danramil 05/Balaraja), Bpk Ahmad Syailendra (Ketua KPU kota Tangerang), Bpk Abdul Rosyid (Ketua Bawaslu Kota Tangerang), AKBP Abdul Gani (Ka SPKT Polres Metro Tangerang kota), AKBP Edi Guritno (Kasat Sabhara Polres Metro Tangerang kota), Mayor Inf Reza Gita Armenia (Danramil 06/Cibodas), Kapten Inf Dwi Saputro (Pasi Ops Kodim 0506/Tgr), Bpk Ali Anwar (Kasi Data dan Informasi pol PP Kabupaten Tangerang), Bpk Hery Setiawan (Kasi Daltip Dishub Kota Tangerang), Bpk Syahroni (Danpos BPBD Kab Tangerang), Bpk H.Udin (Puskesmas Teluk Naga Kab Tangerang), Para PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Metro Tangerang Kota

Dalam sambutannya Bpk H. Arif R. Wismansyah ( Walikota Tangerang kota) selaku pimpinan Apel membacakan Amanat Kapolri mengatakan, hari ini Apel gelar pasukan Operasi mantap brata 2023-2024 secara serentak di seluruh indonesia. Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras operasi mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko widodo bahwa ”tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita,” ujarnya.

Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pemilu 2024. Terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar. Oleh sebab itu, guna mengamankan pemilu 2024 maka polri didukung tni, kementrian/lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar “operasi mantap brata tahun 2023-2024”.

“Operasi ini dilaksanakan selama selama 222 hari sejak 19 oktober 2023 sampai dengan 20 oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu,” jelasnya.

Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personel korps brimob polri dan dalmas nusantara, dimana untuk korps brimob terbagi dalam 4 wilayah sedangkan untuk dalmas nusantara terbagi dalam 7 zonasi. Bukan hanya itu, polri juga menyiapkan 2.000 personel brimob power on hand kapolri serta 8.500 personel dalmas nusantara yang siap di mobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Indonesia.

“Sebagai dukungan terhadap operasi mantap brata 2023-2024, polri juga menggelar operasi nusantara cooling system 2023-2024 untuk membangun narasi besar “persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehouse of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta Satgas Pemilu damai.

“Sebagai pusat Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi (K3I), operasi ini akan didukung oleh command center di tingkat Mabes POLRI sampai dengan polda jajaran. Melalui dukungan sarpras modern dan berbagai fitur yang ada, diharapkan command center mampu mengintegrasikan data maupun informasi, sehingga seluruh personel pengamanan di lapangan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah,” katanya.

Operasi mantap brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024, serta agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah di lakukan.

Danramil 05/Balaraja Kapten Infantri Ali Maskuri S.E, selaku yang mewakili Dandim 0510/Trs menambahkan, sudah barang tentu TNI bersama Polri terus melekat dalam melakukan pengamanan mulai dari jelang pemilu samapi Pemilu berakhir.

“Pengamanan merupakan tanggung jawab kita bersama bukan saja TNI dan Polri tapi kita semua demi untuk menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Adapun rencana kegiatan operasi Mantap Brata Jaya ini kegiatan akan dilaksanakan mulai dari tanggal 19 Oktober 2023 s/d tanggal 20 Oktober 2024. TNI siap membantu dan bersinergi dalam kegiatan pengamanan mulai dari jelang pemilu sampai Pemilu berakhir ; pungkasnya

( Bonet)

Rekomendasi Anda

BANNER-ATAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini Lainnya